Rabu, 13 April 2011

DEFINISI, KELEBIHAN,KELEMAHAN, DAN MANFAAT DARI TUTORIAL

Definisi tutorial

tutorial adalah sebuah program komputer yang tujuannya adalah untuk membantu pengguna dalam mempelajari bagaimana menggunakan (bagian dari) sebuah produk perangkat lunak seperti office suite atau aplikasi lainnya, antarmuka sistem operasi, alat pemrograman, atau permainan .

Ada dua macam tutorial perangkat lunak:

  1. film tutorial yang Anda menonton, dan
  2. tutorial interaktif di mana Anda ikuti petunjuk pada layar (dan dalam beberapa kasus menonton film instruksi singkat), dimana Anda melakukan latihan tutorial dan mendapatkan umpan balik tergantung pada tindakan Anda. tutorial komputer berbasis Beberapa juga dapat memasang di web.
  3. Tutorial youtube video online atau streaming tutorial
  4. sebuah dokumen tertulis (baik secara online atau download),
  5. file audio, dimana seseorang akan memberikan petunjuk langkah demi langkah tentang bagaimana melakukan sesuatu.

Kelebihan tutorial

  1. Memudahkan si pengguna software untuk menguasai system-system, dan cara pengoperasian software atau program dari awal sampai akhir.
  2. Membuat sipengguna software atau web,atau perangkat lunak lainnya untuk lebih cepat mengerti dan handal mengoprasikan perangkat software,web, program .
  3. Memungkinkan si pengguna software dan program untuk mempelajarinya secara berulang – ulang.

Kelemahan tutorial

  1. Membuat si pengguna tersesat dengan pembelajaran metode tutorial yang bercabang atau linear.
  2. Penjelasan didalam metode tutorial yang minim sehingga si pengguna jika tidak menyimak dengan konsentrasi akan susah untuk mempelajari dan tidak akan mengerti dengan tutorial program tersebut.
  3. Metode pembelajaran tutorial yang satu arah, sehingga jika ada troble shoting untuk pengoprasian program atau software tersebut pengguna software atau program tidak dapat memecahkan masalah trobleshooting tersebut dikarenakan minimnya penjelasan didalam tutorial.

Manfaat tutorial

Memudahkan para pengguna software,program,game dan aplikasi untuk memguasai fiture-fiture dari program dan aplikasi tersebut sehingga si pengguna lebih cepat dan handal menggunakannya.

2 komentar: